Adakah Produk Asuransi Syariah Untuk Gempa?

Banyaknya kejadiaan gempa yang terjadi di tanah air menjadikan kebutuhan asuransi untuk produk proteksi gempa kini banyak diminati oleh masyarakat. Apalagi ditinjau dari segi geologi seluruh kawasan Nusantara merupakan  pertemuan 2 lempeng raksasa dunia, mediterania dan sirkum pasifik.
Image“Dengan adanya rentetan kejadian tersebut, asuransi untuk bencana gempa tak bisa ditawar-tawar lagi,”kata Fahmi Basith, pengurus Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) pada wartawan.

Untuk asuransi syariah sendiri kata, Fahmi, hingga kini masih mencari format yang tepat untuk produk yang sesuai dengan kebutuhan bencana alam terutama dalam  menentukan underwriting premi.

“Sebab dalam bencana alam seperti gempa banyak faktor yang harus dikaji,”kata Fahmi Basith.

Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa produk asuransi gempa di Indonesia sangat dibutuhkan terutama dalam bentuk kesehatan dan jiwa (life) atau recovery bangunan, dan masing-masing bencana tersebut memiliki tingkat jumlah kerugian secara nominal. Maka dari itu jika ada asuransi yang memberikan proteksi hal tersebut, si perusahaan asuransi harus menghitung secara teliti berapa tingkat premi yang harus dijual.

“Memang diakui jika dibuat produk tersebut dibuat nilai preminya sangat tinggi dibandingkan dengan produk lainya,”ujarnya.

Sementara Ahmadi, warga Tasikmalaya, memandang positif jika ada asuransi untuk korban gempa yang dengan demikian mampu memberikan keringanan beban hidup pada masyarakat yang selama ini menjadi korban.

“Pasti saya akan ikut jika ada asuransi demikian,” ungkapnya

(www.pkesinteraktif.com, 3 Oktober 2009)

Alhamdulillah, Jasindo Takaful, sebuah unit syariah dari PT. Asuransi Jasindo (BUMN), telah menyediakan Produk Asuransi Kerugian Syariah untuk Perlindungan Kebakaran dengan Perluasan Gempa Bumi. Untuk mendapatkan Info Lebih Lanjut,  Silakan kirim via e-mail ke m.ibnu.setiawan@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: