Hijrah, Sumber Motivasi MLM Syariah

Oleh Noor Cholis Basyaruddin, MT

Peristiwa hijrah Rasulullah SAW dari Mekkah ke Madinah telah terjadi 1428 tahun yang lalu. Peristiwa ini telah mengubah jalannya sejarah umat Islam dan umat manusia. Sebuah strategi maha karya dari Allah SWT telah mengantarkan umat Islam ke pintu gerbang kemenangan atas peradaban jahiliyyah. Cahaya cemerlang bagi umat Islam dan umat manusia bersinar menerangi jalannya sejarah manusia di bumi. “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kedamaian dan pertolongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itu satu dengan yang lain saling melindungi. Dan (terhadap) orang-orang beriman tetapi belum bisa berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah” (QS Al-Anfal: 72)

Hijrah bukanlah sikap menyerah Rasulullah atas kerusakan moral manusia di Mekkah serta bukan pula muncul karena ketakutan atas ancaman kaum Quraisy. “Meski matahari diberikan ke tangan kananku dan bulan di tangan kiriku, aku tak akan berhenti!” jawab nabi ketika dibujuk untuk menghentikan dakwahnya. Hijrah adalah strategi perjuangan yang diatur oleh Allah SWT untuk mengubah jalannya sejarah umat Islam dan umat manusia seluruhnya.

Pengorbanan nabi dan para sahabat untuk berhijrah adalah buah dari sikap istiqomah dalam mencapai cita-cita dan keyakinan beliau. Sebuah cita-cita, membutuhkan pengorbanan untuk mencapainya. Selain itu, peristiwa hijrah mengajarkan pada kita untuk mencari siasat dan strategi yang jitu untuk mencapai cita-cita.

Sikap saling bantu dan tolong menolong antara kaum anshor dan muhajirin juga mengajarkan pada kita bahwa ukhuwah akan mengantarkan pada kejayaan.

MLM Syariah, Strategi Pemberdayaan Ekonomi Umat

Meski bukan satu-satunya, MLM Syariah setidaknya bisa menjadi sarana untuk pemberdayaan ekonomi umat. Berbagai lembaga ekonomi syariah telah lahir: bank syariah, asuransi syariah, pasar modal syariah, dan juga koperasi syariah.

Sukses atau tidaknya berbagai lembaga ekonomi syariah tersebut tidak lepas dari kemauan umat islam untuk berhijrah dari lembaga ekonomi konvensional ke lembaga ekonomi syariah. Meski tidak seberat pengorbanan nabi dan sahabat, hijrah ke lembaga ekonomi syariah tetaplah membutuhkan pengorbanan. Teknologi, manajemen, SDM, serta permodalan yang masih kalah dengan lembaga ekonomi konvensional adalah pengorbanan yang harus dibayar oleh kita.

MLM Syariah juga memerlukan pengorbanan dari semua yang berkecimpung didalamnya. Berbagai kelemahan yang masih ada di MLM Syariah hanya bisa diselesaikan dengan berbagai perbaikan dan pengorbanan yang nyata. Kendaraan umat untuk berhijrah ekonomi akan menjadi besar jika seluruh pihak menyadari bahwa ada proses hijrah yang perlu pengorbanan.

Hijrah Pemakaian Produk

Perhitungan sederhana atas pemakaian produk keseharian umat Islam Indonesia akan membuat kita tercengang! Jika dianggap muslim di Indonesia berjumlah 200 juta dan 100 juta orang melakukan gosok gigi dan mandi. Serta jika setiap muslim membelanjakan pasta gigi 4000 rupiah, shampo 5000 rupiah, dan sabun mandi 1000 rupiah untuk setiap bulannya, maka belanja umat Islam mencapai 1 trilyun rupiah hanya untuk 3 produk! Jika infaq dihitung 2,5 % maka ada 25 milyar dana umat. Berapa omzet MLM Syariah di Indonesia?? Dan siapa yang mendulang sejumlah besar keuntungan???

Sejarah mencatat sebuah bangsa menjadi maju secara ekonomi karena kecintaan bangsanya akan produk sendiri. Jepang, Amerika, Jerman serta negara-negara maju lainnya membangun ekonomi dengan ditopang oleh pengorbanan bangsanya untuk memberikan kata “maaf” pada produk negerinya. Setiap produk dan setiap produsen membutuhkan waktu untuk mencapai produk yang baik. Tidak ada ciptaan manusia yang sempurna. Jepang memproduksi mobil dengan mutu yang semakin lama semakin baik dan pada akhirnya mensejajarkan diri dengan mobil produksi Amerika dan Eropa. Bangsa Jepang memberikan kata “maaf” pada awalnya! Kini sikap tersebut juga ditekankan di Malaysia, Cina, dan Korea Selatan.

Kata “maaf” yang penuh dijiwai dengan semangat hijrah, sudah selayaknya juga diberikan kepada produk dari produsen muslim yang masih tertinggal dalam hal mutu.

Hijrah Menuju Kehidupan yang Lebih Baik

Hijrah ke lembaga ekonomi syariah dan ke produk muslim, pada akhirnya akan membawa kita pada kehidupan yang lebih baik. MLM Syariah, akan membawa anggotanya ke kwadran 4 dalam ‘cash flow quadrant’-nya Robert T. Kiyosaki. Tidak hanya investor dunia tetapi juga investor akhirat. Penanam modal untuk kehidupan dunia dan akhirat sebagaimana tertuang dalam Surat An-Nahl ayat 97: “barangsiapa yang mengerjakan amal saleh baik laki-laki dan perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan”.

Sumber: majalah Network Business

Satu Tanggapan to “Hijrah, Sumber Motivasi MLM Syariah”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: