Amankah Kosmetika Kita?

Teknologi pembuatan kosmetika saat ini sangat lekat dengan unsur subhat. Tanpa kita sadari ada kemungkinan penggunaan barang yang tidak halal dalam kosmetik. Salah satu yang menarik adalah gencarnya kampanye Pemerintah Eropa tentang penggunaan gelatin babi untuk berbagai hal termasuk kosmetik, karena Mad Cow dan penyakit kuku dan mulut yang melanda Eropa. Tentunya belakangan kemungkinan pemakaian bahan yang tidak halal semakin besar.
Dr Hj. Anna P Roswien, auditor dan staf ahli LPPOM MUI, pada World Halal Food Council di Kuala Lumpur beberapa waktu lalu mengungkap bahan-bahan yang merupakan titik kritis ke’halal’an dalam kosmetika yaitu:

  1. Lemak dan keturunannya (Gliserin, GMS, Cetyl Alc, Stearic Acid, Stearyl Alc, Palmitate Acid, dll) yang banyak digunakan sebagai bahan pembuat lipstick, sabun, cream, dan lotion, dapat berasal dari hewan*.
  2. Kolagen dan Elastin berguna untuk menjaga kelenturan kulit. Zat ini sering digunakan dalam produk pelembab. Zat ini merupakan jaringan yang bisa berasal dari hewan*.
  3. Ekstrak Plasenta dan Amnion yang terutama digunakan peremajaan kulit, dapat diperoleh dari hewan*.
  4. Vitamin; zat penstabil vitamin yang dipergunakan dalam kosmetika. Zat ini ada yang berasal dari hewan*.
  5. Asam Alfa Hidroksi (AHA), sangat berguna untuk mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit sehingga kulit halus dan kenyal. Salah satu senyawa AHA yaitu asam laktat, dalam pembuatannya menggunakan media yang dapat berasal dari hewan*.
  6. Hormon; hormon estrogen, ekstrak timus dan melantolin adalah contoh hormon yang berasal dari hewan* yang dapat digunakan dalam kosmetika.

* Dapat berasal dari hewan yang diharamkan

Sumber: LPPOM-MUI

Satu Tanggapan to “Amankah Kosmetika Kita?”

  1. Memilih Kosmetika Aman dan Halal « KAMPUS on Blog Says:

    […] di atas tentunya menjadikan masyarakat Muslim perlu lebih meningkatkan pengetahuan tentang kehalalan bahan kosmetika agar dapat memilah dan memilih kosmetika yang akan digunakannya. Akan tetapi pengetahuan ternyata […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: