Tips untuk berbicara tentang bisnis Anda pada keluarga dan orang-orang yang Anda kenal

Ketika saya berbicara dengan orang orang di dunia penjualan langsung & bisnis jaringan, sangatlah mengejutkan bahwa betapa banyak di antara mereka yang ragu untuk bicara tentang bisnis mereka pada keluarga dan teman-teman mereka.

Hal ini bisa dimengerti, karena mereka takut akan resiko dijauhi oleh orang-orang terdekat.

Jika ini terjadi pada Anda, ini bukan berarti Anda akan kehilangan calon mitra bisnis atau pelanggan yang berkualitas.

Atau mungkin lebih parah lagi, mereka mungkin membutuhkan apa yang Anda tawarkan tetapi mereka “menghilang” karena Anda tidak berbicara kepada mereka tentang apa yang harus Anda tawarkan tersebut.

Jadi, apa solusinya agar semua orang diuntungkan? Inilah beberapa sarannya:

Pertama, selalu tetapkan dalam pikiran anda prinsip pertama dari Natural Selling. Yaitu, tujuan Anda adalah untuk menolong orang lain untuk menyelesaikan masalah mereka. Ketika Anda berbicara bersama teman, atau siapapun, yang harus Anda lakukan adalah mengungkap atau mencari tahu apakah mereka mempunyai jenis masalah yang dapat Anda bantu penyelesaiannya. Hanya itu.

Berikutnya, sebelum mendekati seorang teman, ambillah waktu untuk bersiap diri. Pikirkanlah segala sesuatu yang Anda tahu tentang mereka. Tulislah semua hal yang Anda bisa, tentang keluarga mereka, hobi mereka, olahraga, pekerjaan, hubungan, dan khususnya hal-hal yang mereka sukai, tidak sukai, apa yang mereka betul-betul inginkan, dan lain sebagainya.

Tulislah semua masalah yang mungkin sudah Anda dengar dari mereka, dan bahwa kesempatan bisnis Anda mungkin bisa memecahkannya. Segala sesuatu seperti masalah kesehatan dan keuangan. Dan juga pikirkanlah, jika anda bisa, bagaimana hal itu mempengaruhi mereka.

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat anda gali lebih jauh ketika anda berbicara dengan mereka:

Sekarang, ketika anda berbicara dengan seseorang, terus menerus pikirkanlah hal-hal berikut ini…

  • Hormatilah hubungan yang sudah ada. Apa yang lebih penting? Pertemanan Anda atau hubungan bisnis?
  • Galilah masalah-masalah yang mereka ungkapkan sebelumnya atau lihat apakah mereka memang mempunyai masalah yang dapat Anda bantu untuk memecahkannya, tanpa membicarakan tentang solusi yang Anda miliki.
  • Lepaskan atau lupakan saja pembicaraan tentang kesempatan bisnis Anda. Tujuan pertama Anda pada tahapan ini sederhana saja, yaitu mengungkap apakah Anda mampu untuk memberikan bantuan. Bila dalam perbincangan kemudian menjadi jelas bahwa teman-teman atau keluarga Anda mungkin mempunyai Niat atau Keinginan untuk mengubah keadaan mereka  sekarang, Anda dapat menawarkan solusi Anda saat itu juga, atau melanjutkan percakapan di lain waktu.

Jika anda memilih pendekatan ini, Anda tidak akan berisiko membuat orang lain kesal dan Anda akan terkejut pada banyaknya orang yang secara terbuka mau mendengarkan Anda.

Diterjemahkan dari Natural Selling Newsletter oleh Michael Oliver

Satu Tanggapan to “Tips untuk berbicara tentang bisnis Anda pada keluarga dan orang-orang yang Anda kenal”

  1. Adi N Says:

    Nice Blog
    Please visit me back at http://www.adminkidnet.co.cc


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: