Syukur Nikmat

Dalam suatu kesempatan ta’lim, Luqman menyodorkan resep sederhana yang lain kalau nikmat mau ditambah, yaitu syukur nikmat.

Syahdan, ada sebuah cerita hikmah, Nasruddin didatangi malaikat. Lalu malaikat ini berkata pada kepadanya, “Nasrudin, Tuhan berbaik hati kepadamu, memberikan tiga pilihan yang harus kamu pilih satu di antara tiga pilihan tersebut…”

 

“Apa itu…?” tanya Nasruddin.

“Yang pertama, uang yang banyak.”

“Lalu?”

“Yang kedua, kesehatan. Dan yang ketiga, umur yang panjang. Nah, pilihlah satu di antara ketiganya. Minggu depan aku akan kembali lagi.”

Nasruddin bergembira. Ia merasa memilih bukan sesuatu yang susah.

Tapi ternyata ia salah. Sekarang ia malah bingung setelah dikasih pilihan tersebut. Kalau ia memilih uang, tapi sakit… gimana? Begitu pikirnya. Sedangkan kalau ia pilih sehat, tapi uang tidak ada… sakit juga. Begitu pikirannya bermain-main. Sementara itu, ada uang, dan sehat, tapi umur berakhir hari itu… sama saja bohong.

Sampailah satu minggu, dan Nasruddin belum juga ketemu pilihannya. Hingga datanglah sang malaikat dan bertanya, “Gimana Nasruddin…? Sudahkah kau pilih…?”

“Bingung wahai malaikat… aku bingung…bolehkah aku memilih ketiganya…? Karena aku tidak bisa memilih satu di antara ketiganya…”

“Tidak bisa. Engkau hanya boleh memilih satu pilihan…”

Lama Nasruddin terdiam.

“Hai Nasruddin…” tegur malaikat. “Bila engkau mau ketiganya, maka mintalah kepada Tuhan hati yang bersyukur…”

Semoga Allah menjadikan mata kita mata yang bersyukur; telinga kita telinga yang bersyukur; lisan kita lisan yang bersyukur; hati kita, pikiran kita, tangan dan kaki kita, yang bisa bersyukur. Semoga Allah menjauhkan kita dari kecintaan kepada dunia yang menyebabkan kita berpaling dari cinta-Nya, menjauhkan kita dari kesombongan, menjauhkan kita dari kekikiran, menjauhkan kita dari riya’, sum’ah, dan ujub. Dan semoga Allah menjadikan kita memandang cukup dengan apa yang Allah berikan kepada kita. Amin.

Oleh: Ustadz Yusuf Mansur

 

Ditulis dalam Motivasi, Renungan. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Syukur Nikmat”

  1. Nana Says:

    Sungguh negara ini akan makmur jika semua masyarakatnya mempunyai rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh_NYa. Tidak ada KKN ^__^🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: